Minggu, 22 Juli 2012

Menyapa Budaya Indonesia dari Bumi Kinanah

Bangsa Indonesia adalah bangsa yang kaya akan berbagai seni dan budaya, namun sayangnya bayak diantara kita tidak mengetahui apa itu budaya asli bangsa Indonesia, padahal dunia pun sudah mengakui bahwa seni dan budaya Indonesia itu sangat ber aneka ragam dan pasti sangat bagus dan menarik dan tidak sedikit para turis manca negara banyak yang belajar kesenian asli Indonesia

Di samping itu Indonesia adalah merupakan sebuah gugus pulau yang terhampar luar, dari Sabang hingga Merauke. Wilayah yang sangat luas ditambah adanya faktor laut dan gunung, yang cenderung mengurangi interaksi antar daerah tersebut, mengakibatkan lahirnya variasi budaya yang luar bisa, termaksud seni musik tradisional. Seni tradisi yang merupakan identitas, jati diri, media ekspresi dari masyarakat pendukungnya. Hampir seluruh wilayah memiliki seni musik tradisional yang khas. Keunikan tersebut bisa dilihat dari teknik permainannya, penyajiannya maupun bentuk/organologi instrumen musiknya.

Budaya Indonesia merupakan kebudayaan yang dapat di artikan sebagai kesatuan dari kebudayaan seluruh wilayah yang ada di Indonesia. Untuk Menumbuhkan rasa Cinta Indonesia dalam rangka Mengembalikan Jati Diri Bangsa Indonesia perlu di galakkan kembali karena sekarang ini Indonesia sedang mengalami nilai nilai pergeseran dari kebudayaan lokal yaitu kebudayaan asli Indonesia kepada mulainya kecintaan terhadap budaya asing. Perlunya Mengembalikan Jati Diri Bangsa ini dengan mencintai kebudayaan Indonesia nampaknya perlu di tanamkan kembali kepada setiap individu dari warga Indonesia.
Salah satu contoh adalah Batik;
Batik adalah budaya pakaian yang sudah digunakan banyak orang . Banyak macam-macam batik di berbagai daerah, dengan berbagai macam pola yang berbeda. Sekarang Batik sudah menjadi pakaian sehari-hari bagi kaum perempuan maupun pria. Disamping itu juga,Batik mulai diperkenalkan dan diakui (milik Indonesia) oleh negara luar.

Semenjak Batik di populerkan dengan pola yang bermacam-bermacam dan jenis batik yang mempunyai 2 kriteria yaitu Modern dan Tradisional. Banyak membuat masyarakat semakin cinta dengan batik dan hingga akhirnya,batik sebagai pekaian sehari-hari dan memberikan kesan yang berbeda dari pemakaian batik tersebut.Batik bisa berarti mencerminkan keragaman budaya kita yang bercorak dan bercampur ras/suku , maka dari itu Batik bisa dikatakan "Cerminan Bangsa Indonesia"

Namun celakanya kita sebagai warga negaranya malah banyak yang enggan mempelajari seni dan budaya kita sendiri seperti contohnya kita lebih senang mengunakan gaun dan jas dibandingkan harus menggunakan kain songket dan kebaya, lita lebih mengenal valentin day dibandingkan nadranan, kota lebik suka menonton flim aksi dengan aktor luar dibandingkan menonton wayang, kila lebih banyak datang ke konser musik, dibandingkan harus menyaksikan sendra tari

Akankah kebudayaan kita musnah di dalam bangsa sendiri ???????

Tidak ada komentar:

Posting Komentar